Jumat, 22 Februari 2013

membuat konsep dasar game tembak-tembakan pada flash

hallo pemirsa setia all in1, kali ini ane mau kasih agan-agan tutorial hallo pemirsa setia all in1, kali ini ane mau kasih agan-agan tutorial membuat konsep dasar game tembak-tembakan. jadi secara konsep kita buat 2 objek,yaitu bola untuk musuhnya dan sebuah sasaran untuk menembak si bola. pada tutorial kali ini si bola akan bergerak secara random atau acak. jadi keluarnya gak beraturan gitu. hmmm dari pada agan-agan lebih pusing oleh kata-kata ane yang gak jelas, mending lihat tutorialnya.

Part 1
buat sebuah lingkaran menggunakan  oval tool di luar stage


Part 2
Seleksi lingkaran, kemudian konvert menjadi symbol dengan cara F8, atur seperti gambar berikut


Tekan F9, untuk masuk ke panel action dan masukan action script berikut :



onClipEvent (load) {
_y = 100+random(400);
xawal = _x;
kecepatan = 10;
naik = 0;
keluar = 0;
_visible = false;
}
onClipEvent (enterFrame) {
//burung belum keluar
if (keluar == 0 and random(20) == 5) {
keluar = 1; _visible = true;
}
//burung keluar
if (keluar == 1) {
_x += kecepatan;
}
if (random(10) == 3) {
//gerakan acak naik
naik = 1;
}
else if (random(10) == 4) {
//gerakan acak turun
naik = 2;
}
else if (random(10) == 5){
// gerakan lurus
naik = 0;
}
//menggerakkan naik.
if (naik == 1 and _y>50) {
_y -= 5;
} else {
//menggerakkan turun.
}
if (naik == 2 and _y<550 data-blogger-escaped-5="" data-blogger-escaped-_y="" data-blogger-escaped-awal="" data-blogger-escaped-dari="" data-blogger-escaped-if="" data-blogger-escaped-ke="" data-blogger-escaped-keluar="" data-blogger-escaped-kembalikan="" data-blogger-escaped-lagi="" data-blogger-escaped-maka="" data-blogger-escaped-posisi="" data-blogger-escaped-stage="" data-blogger-escaped-x="">800) {
_x = xawal;
_y = 100+random(400);
keluar = 0;
_visible = False;
}
}
onClipEvent (mouseDown) {
if (hitTest(_root.kursor)) {
score += 1;
_x = xawal;
_y = 100+random(400);
keluar = 0;
_visible = False;
}
}


Part 3
kemudian buat sebuah gambar sasaran ditengah objek seperti ini

Part 4
Ubah lagi gambar sasaran menjadi symbol. caranya udah pada tau kan ??



Part 5
pastikan kursor masih terseleksi, masuk ke panel properties dan masukan instance name menjadi "kursor".

masuk ke panel action, Kemudian masukan action script berikut :


onClipEvent (load) {
Mouse.hide();
startDrag(this, true);
}
onClipEvent (enterFrame) {
startDrag(this, true);
}

moga bermanfaat :).


contoh file (arahkan kursor pada bola kemudian klik kiri untuk menembak)

bagi yang pengen file fla dan swf nya bisa download disini

6 comments:

Grafiknya melebihi Crysis 3 mantapppppppppp O_O

wkwkwkwkkw.......namanya juga dasar om, terlebih itukan game 3d...ada-ada aja bang dedi wahyudi ini :)

ini maksudnya gmn :

if (naik == 2 and _y<550 data-blogger-escaped-5="" data-blogger-escaped-_y="" data-blogger-escaped-awal="" data-blogger-escaped-dari="" data-blogger-escaped-if="" data-blogger-escaped-ke="" data-blogger-escaped-keluar="" data-blogger-escaped-kembalikan="" data-blogger-escaped-lagi="" data-blogger-escaped-maka="" data-blogger-escaped-posisi="" data-blogger-escaped-stage="" data-blogger-escaped-x="">800) {

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More