Jumat, 21 September 2012

Belajar dasar blender bagian 1 (mengatur layar pada blender)

      halo bertemu lagi dengan ane, nih ane mau share tutorial perdana ane tentang blender. sebenarnya udah dari dulu sih kepengen buat cuman waktunya aja yang terlalu padat (sok sibuk mode on), nah tapi sekarang alhamdulliah ane bisa juga buat nih tutorial. nih tutorial ane buat khusus untuk kawan yang pengen belajar dari nol, tapi untuk kawan yang udah bisa juga boleh baca sambil koreksi takut ada yang salah. yo bro kita mulai ke materi.  

    
Berbeda dengan animasi 2D, animasi 3D mempunyai kelebihan dibidang sudut pandang. jika di animasi 2d di mensi hanya ada satu tampilan depan saja, berbeda dengan 3d dimensi yang memilik beberapa sudut pandang tampilan (depan, belakang, atas, bawah, kanan,kiri), jadi intinya si objek bisa dilihat dari belakang depan dan seterusnya. Nah untuk perjumpaan pertama, ane mau bahas tentang cara mengatur sudut pandang pada layar di blender. secara default ketika membuka blender akan terlihat kubus (cube), terpampang miring ditengah layar.
 Agar memudahkan kawan dalam melihat sudut pandang, (atas, bawah, depan, belakang, kiri dan kanan), biasanya kita menggunakan shorcut pada keyboard, untuk itu kita setting blendernya terlebih dahulu

  1. pilih file > user preferences tunggu hingga muncul pengaturan



  2. pilih input pada menu lalu ceklist emulate numpad, klik save as default agar nanti tidak perlu menyeting lagi

  3. nah sekarang coba tekan angka 1, 2,3,4,5,6 dan seterusnya (angka dibawah f1,f2,f3 dll), maka sudut pandangnya akan berubah, dibawah ini adalah contoh beberapa sudut pandang

     (beberapa sudut pandang pada blender)

  4. berikut penjelasannya (sudut pandang utama yang sering dipakai)
    ctrl + up/down (keyboard) = untuk tampilan full screen (untuk mengembalikan keukuran semula tekan tombol yang sama)
    1 = untuk tampilan depan
    ctrl + 1 = untuk tampilan belakang
    3 = untuk tampilan kanan
    ctrl + 3 = untuk tampilan kiri
    7 = untuk menampilkan bagian atas
    ctrl + 7 = untuk menampilkan bagian bawah
    0 = menampilkan sudut pandang kamera

ok sekian dulu, kita lanjutkan tutorialnya pada Belajar dasar blender bagian 2 (memindahkan, memutar, merubah ukuran objek)

bagi yang belum punya blender download disini (update januari 2013 blender 2.65, 32bit) download disini (update januari 2013 blender 2.65, 64bit)
atau bisa ke situs resminya ://www.blender.org/

moga bermanfaat...:)

2 comments:

Terima kasih Sob,,,,
Hanya ingin menambah, yang ingin belajar blender dari awal, ini ada tutorial lengkapnya
http://www.kafetutorial.com/tutorial-blender-bahasa-indonesia

Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Online

Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More